KONSEP DASAR DESAIN METODE PENDIDIKAN ISLAM
Menurut an- Nahlawi metode yang paling penting dalam pendidikan Islam, yaitu:1. Metode hiwar (Percakapan) qur'ani dan nabawi2. Mendidik dengan kisah-kisah dan perumpamaan (amtsal) qur'an dan nabawi.3. Mendidik dengan pembiasaan diri dan pengalaman.4. Mendidik dengan mengambil ibrah (pelajaran) dan mauidhah (peringatan).5. Mendidik dengan targrib (membuat senang) dan tarhib (membuat takut).
Pada dasarnya metode pendidikan Islam terdiri atas lima, yaitu:1. Pendidikan dengan keteladanan2. Pendidikan dengan pembiasaan dan pelatihan3. Pendidikan dengan pengajaran/ nasihat4. Pendidikan dengan pengawasan/ perhatian5. Pendidikan dengan ganjaran/ hukuman.
PETUNJUK PENDALAMAN MATERI:
1. Jawab soal pendalaman materi tersebut dengan baik dan benar!
2. Ketik Identitas Mahasiswa:a. Namab. Jurusan
c. Semester
d. Kelas
3. Jawaban diketik dalam komentar di bawah ini 👇
MHD ROBBIL JULYANDA 2A
ReplyDeletemetode konvensional atau metode ceramah. Pada metode ini, guru menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa dengan cara berceramah.
*Kelebihan* metode pembelajaran konvensional di antaranya adalah:
- Dapat diikuti oleh jumlah anak didik yang banyak.
*Kekurangan* metode pembelajaran konvensional:
- Siswa menjadi pasif.
Sekian terimakasih
MHD ROBBIL JULYANDA
DeleteMANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
2A
Agusra Ikhwan
ReplyDeleteManajemen pendidikan Islam
Semester 2
2A
Metode pembelajaran diskusi
Bentuknya adalah dengan tukar menukar informasi, pendapat, dan pengalaman untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang sesuatu. Hal ini juga dilakukan untuk merampungkan keputusan bersama.
Kelebihan metode pembelajaran diskusi adalah memperluas wawasan, membina untuk terbiasa musyawarah dalam memecahkan suatu masalah, merangsang kreativitas anak didik dalam bentuk ide, gagasan, prakarya dan terobosan baru dalam pemecahan masalah, serta mengembangkan sikap saling menghargai pendapat orang lain.
Sementara itu, kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang panjang, tidak dapat dipakai untuk kelompok yang besar, peserta mendapat informasi yang terbatas.
MUHAMMAD RAHUL FIRMANA
ReplyDeleteMANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
2A
Demonstrasi merupakan macam-macam metode pembelajaran selanjutnya yang bisa dipakai. Macam-macam metode ini bisa membantu perserta didik mencari jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta yang benar.Kelebihan mentode pembelajaran demonstrasi adalah menghindari verbalisme, siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari, proses pengajaran lebih menarik, serta siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan dan mencoba melakukannya sendiri.
Macam-macam metode pembelajaran selanjutnya adalah eksperimen. Metode ini tidak hanya metode mengajar, namun juga suatu metode berpikir.
Kelebihan metode pembelajaran eksperimen adalah sebagai berikut:
- Membina siswa membuat terobosan baru.
- Membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaan
Nama : Nurpaizah
ReplyDeleteJurusan : MPI
Semester : 2
Kelas : 2A
1.Metode Ceramah
Adalah cara penyampai materi pembelajaran dengan mengutamakan interaksi antara guru dan siswa
Kelebihan :
Ceramah merupakan metode yang “murah” dan sekaligus “mudah” dilakukan. Murah dalam arti bahwa proses ceramah tidak memerlukan peralatan-peralatan yang lengkap. Hal ini tentu berbeda dengan metode lain, seperti proyek atau latihan. Dikatakan mudah karena ceramah hanya mengandalkan suara guru, dengan demikian tidak terlalu memerlukan persiapan yang rumit.
Kekurangan
Materi yang dikuasai siswa sangat terbatas pada materi yang dikuasai guru saja. Kelemahan ini yang paling dominan, sebab materi yang diberikan guru adalah materi yang dikuasainya, sehingga materi peajaran yang dikuasai siswapun akan tergantung pada apa yang disampaikan guru itu.
2.Metode Diskusi
Metode diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan. Diskusi merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis pemecahan masalah.
Kelebihan
(1)Dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif khususnya dalam memberikan gagasan dan ide-ide.
(2) Dapat melatih untuk membiasakan diri bertukar pikiran dalam mengatasi setiap permasalahan.
(3) Dapat melatih siswa untuk dapat mengemukakan pendapat atau gagasan secara verbal.
Kekurangan
(1) Sering terjadi pembicaraan dalam diskusi dikuasai oleh 2 atau 3 orang siswa yang memiliki keterampilan berbicara.
(2) Kadang-kadang pembahasan dalam diskusi meluas, sehingga kesimpulan menjadi kabur.
(3) Memerlukan waktu yang cukup panjang, yang kadang-kadang tidak sesuai dengan yang direncanakan.
(4) Dalam diskusi sering terjadi perbedaan pendapat yang bersifat emosional yang tidak terkontrol.
Nama: Anadya Rumaisha
ReplyDeleteJurusan: (MPI) Manajemen pendidikan Islam
Kelas: 2A
Semester: 2
1.Metode pemberian tugas
Metode pemberian tugas dan resitasi adalah metode pembelajaran yang dilakukandengan memberikan tugas tertentu kepada siswa untuk dikerjakan dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Tugas yang diberikan guru dapat memperdalam materi pelajaran dan dapat pula mengevaluasi materi yang telah dipelajari.
Kelebihan:
a) Baik sekali untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang konstruktif.
b) Memupuk rasa tanggung jawab dalam segala tugas sebab dalam strategi ini siswa harus mempertanggung jawabkan segala sesuatu (tugas) yang telah dikerjakan.
c) Menanamkan kebiasaan untuk giat belajar kepada siswa
d) Memberikan tugas siswa untuk sifat yang praktis.
Kekurangan:
a) Tidak jarang pekerjaan yang ditugaskan itu diselesaikan dengan meniru pekerjaan orang lain.
b) Karena perbedaan individu, maka tugas apabila diberikan secara umum mungkin beberapa orang diantaranya merasa sukar sedangkan sebagian lainnya merasa mudah menyelesaikan tugas tersebut.
c) Apabila tugas diberikan, lebih-lebih bila itu sukar dikerjakan, maka ketenangan mental para siswa menjadi terpengaruh.
Nama : Midia Zulpita Sari
ReplyDeleteNim : 1810206008
Jurusan : MPI
Semester : 8
Kls : 2A
- metode tanya jawab
Metode tanya jawab adalah suatu metode yang cara penyajian pelajarannya dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.
1. Kelebihan
- Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, sekalipun ketika itu siswa sedang ribut, yang mengantuk kembali tegar dan hilang rasa kantuknya.
- Merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan.
- Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.
2. Kekurangan
- Siswa merasa takut, apalagi jika guru kurang dapat mendorong siswa untuk berani, dengan menciptakan suasana yang tidak tegang, melainkan akrab.
- Tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan mudah dipahami siswa.
- Waktu sering banyak terbuang, terutama apabila siswa tidak dapat menjawab pertanyaan sampai dua atau tiga orang.
Nama : Uut Kantasa
ReplyDeleteProdi: MPI
MK : Ipi
METODE TANYA JAWAB
a. Kelebihan metode tanya jawab
1. peserta didik dapat mengembangkan keberanian dan ketrampilan dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.
2. Pertanyaan yang dilontarkan dapat menarik dan memusatkan perhatian peserta didik, sekalipun ketika itu peserta didik sedang rebut.
3. Merangsang peserta didik untuk berlatih mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan.
4. pertanyaan yang jelas lebih mudah dipahami peserta didik.
5. Situasi kelas menjadi hidup/dinamis, karena siswa aktif berpikir dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan.
6. Melatih siswa agarberani mengemukakan pendapat secara argumentatif dan bertanggung jawab.
7. Mengetahui perbedaan pendapat antar siswa dan guru yang dapat membawa ke arah diskusi yang positif.
8. Membangkitkan semangat belajar dan daya saing yang sehat diantara siswa.
9. Dapat mengukur batas kemampuan dan penguasaan siswa terhadap pelajaran yang telah diberikan.
b. Kekurangan metode tanya jawab
1. banyak waktu terbuang,
2. apabila peserta didik tidak siap, maka peserta didik merasa takut, dan apalagi bila guru kurang dapat mendorong peserta didik, maka peserta didik juga menjadi tidak berani untuk bertanya.
3. terbatasnya jumlah waktu untuk memberikan pertanyaan kepada setiap peserta didik.
4. Bila terjadi perbedaan pendapat, akan banyak menyita waktu untuk menyelesaikannya. Bahkan perbedaan pendapat antar guru dan siswa dapat menjurus kepada negatif, dimana siswa menyalahkan guru, dan ini besar risikonya.
5. Tanya jawab dapat menimbulkan penyimpangan dari pokok persoalan/materi pelaharan, hal ini terjadi jika guru tidak dapat mengendalikan jawaban atas segala pertanyaan siswanya.
6. Tidak cepat merangkum bahan pelajaran
7. Tanya jawab akan dapat membosankan jika yang ditanyakan tidak ada variasi
Cindy Rastia Putri
ReplyDeleteMpI 2A
semester 2
kelebihan metode diskusi
1. Merangsang Siswa Kreatif Memberikan Gagasan ide
2.berani mengungkapkan pendapat
3. dapat bertukar cerita
4. berbijaksana dengan baik
5.belajar menjadi pemimpin
kekurangan metode diskusi
1. hanya beberapa siswa yang aktif
2.pembahasannya meluas dan keluar dari meter pembelajarannya
3. bembutuh waktu yang cukup lama
4.menentukan emosional yang tidak ke kontrol
Nama : Nabila Tasya Yuniasti
ReplyDeleteNIM : 2110206042
Mk : ipi
Jurusan : MPI 2A
Metode tanya jawab
• Kelebihan
-Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, sekalipun ketika itu siswa sedang ribut, yang mengantuk kembali tegar dan hilang rasa kantuknya.
-Merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan.
-Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.
• kekurangan
-Siswa merasa takut, apalagi jika guru kurang dapat mendorong siswa untuk berani, dengan menciptakan suasana yang tidak tegang, melainkan akrab.
-Tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan mudah dipahami siswa.
-Waktu sering banyak terbuang, terutama apabila siswa tidak dapat menjawab pertanyaan sampai dua atau tiga orang.
NAMA : RAHMAT DINO PUTRA
ReplyDeleteNIM :2110206031
JURUSAN : MPI
SEMESTER : 2
Metode Perumpamaan
Pendidikan perumpamaan dilakukan dengan menyamakan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang kebaikan dan keburukannya telah diketahui secara umum, seperti menyerupakan orang-orang musyrik yang menjadikan pelindung selain Allah dengan laba-laba yang membuat rumahnya. Allah berfirman: “Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung- pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. dan Sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui” (QS. al-‘Ankabut: 41).
Tujuan pedagogis yang paling penting yang dapat ditarik dari perumpamaan adalah:
Mendekatkan makna pada pemahaman.
Merangsang kesan dan pesan yang berkaitan dengan makna yang tersirat dalam perumpamaan tersebut.
Mendidik akal supaya berpikir benar dan menggunakan kias yang logis dan sehat.
Menggerakkan perasaan yang menggugah kehendak dan mendorongnya untuk melakukan amal yang baik dan menjauhi kemungkaran.
NAMA : ADIB ADRIKAL PUTRA
ReplyDeleteNIM : 2110206009
JURUSAN : MPI 2A
MK : IPI
-Metode Pendidikan nasihat
Didalam jiwa terdapat pembawaan untuk terpengaruh oleh kata-kata yang didengar.
Pembawan itu biasanya tidak tetap, dan oleh karena itu, kata-kata itu harus diulang-ulangi.
Nasihat yang berpengaruh, membuka jalannya ke dalam jiwa secara langsung melalui perasaan.
Al-Qur’an mengungkapkan kalimat-kalimat yang menyentuh hati untuk mengarahkan manusia kepada ide yang dikehendakinya. Inilah yang kemudian dikenal senagai nasi>h}ah.
Tatapi nasihat yang disampaikan ini selalu disertai denga panutan atau teladan dari si pemberi atau penyampai nasihat itu.
Hal ini, menunjukan bahwa antara satu metode yakni nasihat dengan metode lain yang dalam hal ini adalah teladan bersifat saling melengkapi.
Menurut Asnelly Ilyas materi pokok yang mesti terkandung dalam nasihat ada tiga, yaitu:
Tentang peringatan kebaikan atau kebenaran yang harus dilakukan seseorang.
Motivasi atau dorongan untuk beramal dan menunjukan ke arah akhirat.
Tentang peringatan adanya kemadaratan yang harus dihindarkan, baik yang menimpa dirinya maupun orang lain.
Assalamu'alaikum wr. Wb
ReplyDeleteNama:Rukmaini
Jurusan:Manajemen pendidikan islam
Semester:2
Kelas:2A
Kelebihan dan Kelemahan Metode Ceramah
Ada beberapa kelebihan sebagai alasan mengapa ceramah sering digunakan.
a. Ceramah merupakan metode yang ’murah’ dan ’mudah’ untuk dilakukan. Murah dalam arti proses ceramah tidak memerlukan peralatan-peralatan yang lengkap, berbeda dengan metode yang lain seperti demonstrasi atau peragaan. Sedangkan mudah, memang ceramah hanya mengandalkan suara guru, dengan demikian tidak terlalu memerlukan persiapan yang rumit.
[24/3 12.11] Mainie Ekha: b. Ceramah dapat menyajikan materi pelajaran yang luas. Artinya, materi pelajaran yang banyak dapat dirangkum atau dijelaskan pokok-pokoknya oleh guru dalam waktu yang singkat.
c. Ceramah dapat memberikan pokok-pokok materi yang perlu ditonjolkan. Artinya, guru dapat mengatur pokok-pokok materi yang mana yang perlu ditekankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.
d. Melalui ceramah, guru dapat mengontrol keadaan kelas, oleh karena sepenuhnya kelas merupakan tanggung jawab guru yang memberikan ceramah.
e. Organisasi kelas dengan menggunakan ceramah dapat diatur menjadi lebih sederhana. Ceramah tidak memerlukan setting kelas yang beragam, atau tidak memerlukan persiapan-persiapan yang rumit. Asal siswa dapat menempati tempat duduk untuk mendengarkan guru, maka ceramah sudah dapat dilakukan.
Di samping beberapa kelebihan di atas, ceramah juga memiliki beberapa kelemahan, di antaranya:
a. Materi yang dapat dikuasai siswa sebagai hasil dari ceramah akan terbatas pada apa yang dikuasai guru. Kelemahan ini memang kelemahan yang paling dominan, sebab apa yang diberikan guru adalah apa yang dikuasainya, sehingga apa yang dikuasai siswa pun akan tergantung pada apa yang dikuasai guru.
b. Ceramah yang tidak disertai dengan peragaan dapat mengakibatkan terjadinya verbalisme.
c. Guru yang kurang memiliki kemampuan bertutur yang baik, ceramah sering dianggap sebagai metode yang membosankan. Sering terjadi, walau pun secara fisik siswa ada di dalam kelas, namun secara mental siswa sa-ma sekali tidak mengikuti jalannya proses pembelajaran; pikirannya melayang ke mana-mana, atau siswa mengantuk, oleh karena gaya bertutur guru tidak menarik.
d. Melalui ceramah, sangat sulit untuk mengetahui apakah seluruh siswa sudah mengerti apa yang dijelaskan atau belum. Walaupun ketika siswa diberi kesempatan untuk bertanya, dan tidak ada seorang pun yang bertanya, semua itu tidak menjamin siswa seluruhnya sudah paham.
Nama : Elsa Fitri
ReplyDeleteJurusan : Manajemen pendidikan Islam
Semester : 2
Kelas : 2A
*Metode pembelajaran simulasi*
-Metode simulasi diartikan sebagai cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu.
.Kelebihan dari simulasi
1.Metode simulasi dapat meningkatkan pengetahuan,sikap, keterampilan selain itu, memberikan pengalaman secara tidak langsung yg diperlukan oleh siswa untuk menghadapi permasalahan yang berhubungan dengan sosial.
2.siswa diberikan kesempatan untuk menyalurkan perasaan yang terpendam.perasaan yang terpendam tersebut,akan mempunyai kepuasan,kesegaran, kesehatan,jiwa dengan menerapkan teknis simulasi ini.
3.metode simulasi dapat membantu siswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki.
.Kelemahan metode simulasi
1.metode simulasi tidak selalu tepat memberikan pengalaman pada siswa.
2.metode simulasi tidak jarang digunakan sebagai ajang hiburan bagi siswa, sehingga mengabaikan fungsi belajar.
3.kurang pengalaman dalam menerapkan metode simulasi dapat, menyebabkan kesalahan arah dan menjadi kaku dalam pelaksanaan nya
4.metode emosional dalam menerapkan metode simulasi ini,menerapkan dampak yg sangat cukup signikan
Nama:Deli Liana
ReplyDeleteJurusan: Manajemen Pendidikan Islam
Semester:2
Kelas:2A
METODE EKSPERIMEN
*Eksperimen dapat didefinisikan sebagai kegiatan terperinci yang direncanakan untuk menghasilkan data untuk menjawab suatu masalah atau menguji suatu hipotesis. Tujuan metode eksperimen dalam pembelajaran diantaranya peserta didik dapat mengamati fakta/fenomena, mengumpulkan data dari percobaan, mengolah data menjadi informasi, mampu merancang, mempersiapkan, melakukan dan melaporkan percobaan serta melatih penggunaan logika berpikir induktif untuk menarik kesimpulan dari fakta-fakta, informasi atau data yang diperoleh dari percobaan. Suatu eksperimen akan berhasil jika variabel yang dimanipulasi dan jenis respon yang diharapkan dinyatakan secara jelas dalam suatu hipotesis, juga penentuan kondisi-kondisi yang akan dikontrol sudah tepat.
Melatihkan merencanakan eksperimen tidak harus selalu dalam bentuk penelitian yang rumit, tetapi cukup dilatihkan dengan menguji hipotesishipotesis yang berhubungan dengan konsep-konsep di dalam standar kompetensi mata pelajaran, kecuali untuk melatih khusus siswa-siswa dalam kelompok tertentu. Contohnya Kelompok Ilmiah Remaja.
Metode eksperimen dipilih sebagai metode pembelajaran Fisika jika konsep Fisika harus dipelajari melalui fakta-fakta yang dapat ditemukan oleh siswa. Melalui eksperimen pengembangan inkuiri lebih banyak, siswa berlatih lebih banyak menggunakan keterampilan proses, dan terlatih kemampuan psikomotornya melalui teknik-teknik penggunaan alat-alat dan merangkai alat pada suatu percobaan.
1) Keunggulan-Keunggulan Metode Eksperimen
a) Fakta atau data yang diperoleh siswa secara langsung mudah diingat
b) Guru dapat berkeliling kelas sambil melakukan penilaian terhadap sikap dan psikomotor
c) Melatih kerja sama pada diri siswa karena metode eksperimen di sekolah biasanya dilakukan secara berkelompok
2) Kelemahan-Kelemahan Metode Eksperimen
a) Memerlukan bahan dan alat praktik yang banyak
b) Kalau siswa tidak diawasi dengan baik kadang-kadang ada yang main-main di kelompoknya
c) Memerlukan waktu belajar yang lebih lama dari pada metode demonstrasi
Nama : adam mustakim
ReplyDeleteNim :2110206012
Mk : ilmu pendidikan islam
Lokal : Mpi 2B
Izin menjawab pendalaman materi pak
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN DALAM METODE PENDIDIKAN ISLAM
1) METODE DEMONSTRASI
Kelebihan dan Kelemahan Metode Demonstrasi
1) Kelebihan Metode Demonstrasi
Ahmadi (1997:166) mengemukakan beberapa kebaikan-kebaikan metode demonstrasi sebagai berikut:
a. Perhatian murid dapat dipusatkan kepada hal-hal yang dianggap penting oleh guru sehingga hal yang penting itu dapat diamati secara teliti. Disamping itu perhatian siswapun lebih mudah dipusatkan pada prses mengajara dan belajar dan tidak kepada yang lainnya.
b. Dapat mengurangi kesalahan-kealahan bila dibandingkan dengan hanya membaca tau mendengarkan, karena murid mendapatkan gambaran yang jelas dari hasil pengamatannya.
c. Karena gerakan dan proses dipertunjukkan maka tidak memerlukan keterangan-keterangan yang banyak.
d. Beberapa persoalan yang menimbulkan pertanyaan atau keraguan dapat diperjelas waktu proses demonstrasi. Syaifullah (2008) menambahkan beberapa kebaikan dari metode demonstrasi yaitu:
a. Dengan keterlinatan siswa secara aktif terhadap jalannya suatu proses tertentu melalui pengamatan dan percobaan, siswa mendapatkan pengalaman praktis, yang biayanya bersifat tahan lama.
b. Menghindarkan pengajaran yang bersifat verbalisme, dimana siswa tidak bisa memahami dan mengerti apa yang diucapkan (pandai mengucapkan tapi tidak mengerti maksudnya).
2) Kelemahan Metode Demostrasi
Ahmadi (1997:166) mengemukakan beberapa kelemahan-kelemahan metode demonstrasi sebagai berikut:
a. Untuk mengadakan demonstrasi diperlukan alat-alat yang khusus. Kadang-kadang alat itu sukar didapat.
b. Dalam mengadakan pengamatan terhadap hal-hal yang didemonstrasikan diperlukan pemusatan perhatian.
c. Tidak semua hal dapt didemonstrasikan didalam kelas.
d. Memerlukan banyak waktu, sedangkan hasilnya kadang-kadang sangat minim.
e. Kadang-kadang proses yang didemonstrasikan di dalam kelas akan berbeda jika proses itu didemonstrasikan dalam situasi nyata/sebenarnya.
Syaifullah (2008) menambahkan beberapa kelemahan dari metode demonstrasi yaitu:
a. Demonstrasi dalam pelaksanaannya banyak menyita biaya dan tenaga yang tidak sedikit (jika memakai alat-alat yang mahal).
b. Demonstrasi akan menjadi tidak efektif jika siswa tidak turut aktif dan suasana gaduh.
NAMA : USWATUN HASANAH
ReplyDeleteJURUSAN : MPI
KELAS : 2B
SEMESTER : 02
Izin menambahkan jawaban pendalaman materinya pak.
1. METODE SOSIODRAMA
Sosiodrama atau bermain peran menekankan kenyataan di mana para murid diikutsertakan dalam permainan peranan di dalam mendemostrasikan masalah-masalah sosial.
a. Kelebihan Metode Sosiodrama
- Siswa melatih dirinya untuk melatih, memahami, dan mengingat isi bahan yang akan didramakan Sebagai pemain harus memahami, menghayati isi cerita secara keseluruhan, terutama untuk materi yang harus diperankannya. Dengan demikian, daya ingatan siswa harus tajam dan tahan lama.
b. Kelemahan metode sosiodrama
- Sebagian besar anak yang tidak ikut bermain drama mereka menjadi kurang kreatif.
2. METODE EKSPERIMEN
Menurut Suporno (2007), metode eksperimen adalah suatu metode mengajar yang mengajak supaya siswa melakukan percobaan sebagai pembuktian, pengecekan bahwa teori yang sudah di pelajari itu memang benar.
a. Kelebihan metode Eksperimen
- Membuat siswa percaya atas kesimpulan yang sesuai dengan hasil eksperimennya. Mereka dapat membuat kesimpulan sendiri, namun maknanya sama dengan yang sebenarnya.
b.Kekurangan metode eksperimen
- Eksperimen tidak selalu menghasilkan hasil yang diharapkan. Bisa jadi ada faktor-faktor tertentu di luar jangkauan kemampuan yang tidak sesuai. Meski begitu, hal ini bisa disiasati dengan melakukan eksperimen lagi hingga berhasil.
3. METODE DISKUSI
DIskusi merupakan pengajaran yang berfokus pada cara belajar siswa untuk bisa memecahkan kasus dari sebuah masalah. Metode ini dilakukan oleh dua atau lebih siswa yang saling berinteraksi.
a. Kelebihan metode diskusi
- Merangsang Siswa Kreatif Memberikan Gagasan atau Ide
- Berani Mengungkapkan Pendapat
- Dapat Bertukar Pikiran
b. Kekurangan Metode Diskusi
- Hanya Beberapa Siswa yang Aktif
- Pembahasannya Meluas dan Keluar dari Materi Pembelajaran
- Membutuhkan Waktu yang Cukup Panjang
Terima kasih🙏🏻
Nama : NURUL PUTRI
ReplyDeletejurusan : manajemen pendidikan islam
semester : 2
kelas : b
izin menambahkan jawaban materi pendalamannya pak
METODE TANYA JAWAB
Metode tanya jawab merupakan cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab terutama dari guru kepada siswa,tetapi dapat pula dari siswa kepada guru
Metode ini dipandang lebih baik dari pada metode pembelajaran Lainya. Alasannya karena metode ini dapat merangsang siswa untuk berfikir dan berkreativitas dalam proses pembelajaran. Metode Tanya jawab juga dapat digunakan untuk mengukur atau mengetahui seberapa jauh materi atau bahan pengajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
Kelebihan metode tanya jawab
a) Lebih mengaktifkan siswa dibandingkan dengan metode ceramah
b) Siswa akan lebih cepat mengerti , karena memberi kesempatan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas atau belum dimengerti sehingga guru dapat menjelaskan kembali
c) Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat
d) Mengetahui perbedaan pendapat antar siswa dan guru, dan akan membawa kearah suatu diskusi
e) Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa
kelemahan metode tanya jawab
a) Menyita waktu lama dan jumlah siswa harus sedikit
b) Mempersyaratkan siswa memiliki latar belakang yang cukup tentang topik atau masalah yang didiskusikan
c) Dapat menimbulkan beberapa masalah baru
d) Mudah menyimpang dari pokok persoalan
e) Metode ini tidak tepat digunakan pada tahap awal proses belajar bila siswa baru diperkenalkan kepada bahan pembelajaran yang baru
f) Apatis bagi siswa yang tidak terbiasa dalam forum
Nama:faolin okta rosiyana
ReplyDeleteNim: 2110206030
Mk:ilmu pendidikan islam
Lokal:Mpi 2 B
Izin menambahkan jawaban pendalaman materinya pak.
Metode kerja kelompok
Metode kerja kelompok memilki peran yang amat penting dalam menumbuhkan kedewasaan dan kemampuan anak dalam menguasai materi dengan belajar bersama - sama.
KELEBIHAN
A. Dapat meningkatkan kualitas kepribadian siswa, seperti adanya kerjasama, toleransi, berpikir kritis, dan dislipin.
B. Timbul persaingan yang positif antar kelompok.
C. Dapat saling membantu anggota yang kurang pandai menyelesaikan tugas.
D. Anggota tim dengan latar belakang yang berbeda dapat memperkuat legabilitas dan kualiltas pengambilan keputusan.
E. Meningkatkan tingkat kinerja tim.
KEKURANGAN
A. Terlalu banyak persiapan dan pengaturan yang kompleks.
B. Bila kurang terkontrol maka akan terjadi persaingan negatif antar kelompok.
C. Terjadi ketidakseimbangan dalam pembagian tugas. Biasanya akan dikerjakan oleh beberapa anggota saja yang rajin, sedangkan anggota lainnya tidak terlibat sama sekali.
D. Cenderung menjadi tempat mengobrol jika tidak ada kedisiplinan dalam belajar.
NAMA : AAN DARMANSYAH
ReplyDeleteNIM : 2110206005
1.Metode ceramah
Metode ceramah adalah cara penyampaian materi pembelajaran dengan mengutamakan interaksi antara guru dan siswa. Dimana seorang guru menyamapaikan materi pembelajarannya melalui proses penerangan dan penuturan secara lisan kepada siswanya.
Kelebihan :
1.Ceramah merupakan metode yang ’murah’ dan ’mudah’ untuk dilakukan. Murah dalam arti proses ceramah tidak memerlukan peralatan-peralatan yang lengkap, berbeda dengan metode yang lain seperti demonstrasi atau peragaan. Sedangkan mudah, memang ceramah hanya mengandalkan suara guru, dengan demikian tidak terlalu memerlukan persiapan yang rumit.
2.Ceramah dapat menyajikan materi pelajaran yang luas. Artinya, materi pelajaran yang banyak dapat dirangkum atau dijelaskan pokok-pokoknya oleh guru dalam waktu yang singkat.
3.Ceramah dapat memberikan pokok-pokok materi yang perlu ditonjolkan. Artinya, guru dapat mengatur pokok-pokok materi yang mana yang perlu ditekankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.
4.Melalui ceramah, guru dapat mengontrol keadaan kelas, oleh karena sepenuhnya kelas merupakan tanggung jawab guru yang memberikan ceramah.
5.Organisasi kelas dengan menggunakan ceramah dapat diatur menjadi lebih sederhana. Ceramah tidak memerlukan setting kelas yang beragam, atau tidak memerlukan persiapan-persiapan yang rumit. Asal siswa dapat menempati tempat duduk untuk mendengarkan guru, maka ceramah sudah dapat dilakukan.
Kekurangan :
1.Materi yang dapat dikuasai siswa sebagai hasil dari ceramah akan terbatas pada apa yang dikuasai guru. Kelemahan ini memang kelemahan yang paling dominan, sebab apa yang diberikan guru adalah apa yang dikuasainya, sehingga apa yang dikuasai siswa pun akan tergantung pada apa yang dikuasai guru.
2.Ceramah yang tidak disertai dengan peragaan dapat mengakibatkan terjadinya verbalisme.
3.Guru yang kurang memiliki kemampuan bertutur yang baik, ceramah sering dianggap sebagai metode yang membosankan. Sering terjadi, walau pun secara fisik siswa ada di dalam kelas, namun secara mental siswa sa-ma sekali tidak mengikuti jalannya proses pembelajaran; pikirannya melayang ke mana-mana, atau siswa mengantuk, oleh karena gaya bertutur guru tidak menarik
4.Melalui ceramah, sangat sulit untuk mengetahui apakah seluruh siswa sudah mengerti apa yang dijelaskan atau belum. Walaupun ketika siswa diberi kesempatan untuk bertanya, dan tidak ada seorang pun yang bertanya, semua itu tidak menjamin siswa seluruhnya sudah paham
2.Metode Diskusi
Metode diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan peserta didik pada suatu permasalahan.
Kelebihan :
1.Merangsang Siswa Kreatif Memberikan Gagasan atau Ide
2.Berani Mengungkapkan Pendapat
3.Dapat Bertukar Pikiran
4.Bekerjasama dengan Baik
5.Belajar Menjadi Pemimpin
Kekurangan :
1.Hanya Beberapa Siswa yang Aktif
2.Pembahasannya Meluas dan Keluar dari Materi Pembelajaran
3.Membutuhkan Waktu yang Cukup Panjang
4.Menimbulkan Emosional yang Tidak Terkontrol
3.Metode Kerja kelompok
Kerja kelompok dapat diartikan sebagai suatu kegiatan belajar mengajar, siswa dalam suatu kelas dipandang sebagai suatu kelompok atau dibagi atas kelompok-kelompok kecil untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu.
NAMA : Dori putra anggara
ReplyDeleteJURUSAN : MPI
KELAS : 2B
SEMESTER : 02
Izin menambahkan jawaban pendalaman materinya pak.
1. METODE SOSIODRAMA
Sosiodrama atau bermain peran menekankan kenyataan di mana para murid diikutsertakan dalam permainan peranan di dalam mendemostrasikan masalah-masalah sosial.
a. Kelebihan Metode Sosiodrama
- Siswa melatih dirinya untuk melatih, memahami, dan mengingat isi bahan yang akan didramakan Sebagai pemain harus memahami, menghayati isi cerita secara keseluruhan, terutama untuk materi yang harus diperankannya. Dengan demikian, daya ingatan siswa harus tajam dan tahan lama.
b. Kelemahan metode sosiodrama
- Sebagian besar anak yang tidak ikut bermain drama mereka menjadi kurang kreatif.
2. METODE EKSPERIMEN
Menurut Suporno (2007), metode eksperimen adalah suatu metode mengajar yang mengajak supaya siswa melakukan percobaan sebagai pembuktian, pengecekan bahwa teori yang sudah di pelajari itu memang benar.
a. Kelebihan metode Eksperimen
- Membuat siswa percaya atas kesimpulan yang sesuai dengan hasil eksperimennya. Mereka dapat membuat kesimpulan sendiri, namun maknanya sama dengan yang sebenarnya.
b.Kekurangan metode eksperimen
- Eksperimen tidak selalu menghasilkan hasil yang diharapkan. Bisa jadi ada faktor-faktor tertentu di luar jangkauan kemampuan yang tidak sesuai. Meski begitu, hal ini bisa disiasati dengan melakukan eksperimen lagi hingga berhasil.
3. METODE DISKUSI
DIskusi merupakan pengajaran yang berfokus pada cara belajar siswa untuk bisa memecahkan kasus dari sebuah masalah. Metode ini dilakukan oleh dua atau lebih siswa yang saling berinteraksi.
a. Kelebihan metode diskusi
- Merangsang Siswa Kreatif Memberikan Gagasan atau Ide
- Berani Mengungkapkan Pendapat
- Dapat Bertukar Pikiran
b. Kekurangan Metode Diskusi
- Hanya Beberapa Siswa yang Aktif
- Pembahasannya Meluas dan Keluar dari Materi Pembelajaran
- Membutuhkan Waktu yang Cukup Panjang
Terima kasih🙏🏻
NAMA : Deli zairul fitri
ReplyDeleteJURUSAN : MPI
NIM : 2110206026
KELAS : 2b
1.Metode ceramah adalah cara penyampaian materi pembelajaran dengan mengutamakan interaksi antara guru dan siswa. Dimana seorang guru menyamapaikan materi pembelajarannya melalui proses penerangan dan penuturan secara lisan kepada siswanya.
1) Keunggulan Metode Ceramah
a) materi yang disampaikan dapat lebih banyak dibandingkan dengan metode-metode yang lain;
b) tidak banyak memerlukan peralatan laboratorium;
c) bila disiapkan dengan baik misalnya menggunakan model pembelajaran direct instruction dapat membangkitkan aktivitas siswa.
d) Guru mudah menguasai kelas
e) Mudah mengorganisasikan tempat duduk / kelas
f) Dapat diikuti oleh siswa dalam jumlah besar
g) Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya
h) Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik
2)Kelemahan-kelemahan Metode Ceramah
Metode ceramah memiliki kelemahan sebagai berikut:
a) kalau penyajian Teacher Centre dan siswa sama sekali tidak dilibatkan, maka materi yang disajikan mudah terlupakan karena siswa hanya mendengar saja.
b) akibat siswa tidak aktif maka siswa menjadi mengantuk, memikirkan yang lain-lain, atau mencari kegiatan-kegiatan lain seperti berbicara dengan teman yang lain atau mengganggu temannya.
c) Keberhasilan siswa tidak terukur
d) Perhatian dan motivasi siswa sulit diukur
e) Peran serta siswa dalam pembelajaran rendah
f) Pembicara sering melantur
g) Bila sering digunakan dan terlalu lama membosankan
Nama:NURUL FITRI
ReplyDeleteNim:2110206018
Mk:ILMU PENDIDIKAN ISLAM
Kelas:2B (Mpi)
Kelebihan dan kekurangan dari (Metode Proyek)
Izin menambahkan penjelasan materi pendalaman.🙏🙏🙏
Metode Proyek
Metode proyek atau unit adalah cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhan dan bermakna.
Penggunaan metode ini bertolak dari anggapan bahwa pemecahan masalah tidak akan tuntas bila tidak ditinjau dari berbagai segi. Dengan perkataan lain, pemecahan setiap masalah perlu melibatkan bukan hanya satu mata pelajaran atau bidang studi saja, melainkan hendaknya melibatkan berbagai mata pelajaran yang ada kaitannya dan sumbangannya bagi pemecahan masalah tersebut, sehingga setiap masalah dapat dipecahkan secara keseluruhan yang berarti.
Dalam penggunaannya metode proyek memiliki kelebihan dan kekurangan.
a) Kelebihan Metode Proyek
Beberapa kelebihan metode ini antara lain
1)Dapat memperluas pemikiran siswa yang berguna dalam menghadapi masalah kehidupan;
2)Dapat membina siswa dengan kebiasaan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari secara terpadu;
3)Metode ini sesuai dengan prinsip-prinsip didaktik modern yang dalam pengajaran perlu ddiperhatikan
a)Kemampuan individual siswa dan kerja sama dalam kelompok;
b)Bahan pelajaran tak terlepas dari kehidupan riel sehari-hari yang penuh dengan masalah.
c)Pengembangan aktivitas, kreativitas dan pengalaman siswa banyak dilakukan;
d)Agar teori dan praktik, sekolah dan kehidupan masyarakat menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan.
Kekurangan Metode Proyek
Metode ini mengandung kekurangan, antara lain:
1 ) Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini, baik secara vertikal maupun horizontal, belum menunjang pelaksanaan metode ini,
2)Pemilihan topik unit yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa, cukup fasilitas dan sumber-sumber belajar yang diperlukan, bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah.
3)Bahan sering menjadi luar sehingga dapat mengaburkan pokok unit yang dibahas.
Nama:MARA EZI RIAHMA
ReplyDeleteNim : 2110206043
MK:Ilmu pendidikan Islam
Prodi: MPI
Kelebihan metode pembelajaran diskusi adalah memperluas wawasan, membina untuk terbiasa musyawarah dalam memecahkan suatu masalah, merangsang kreativitas anak didik dalam bentuk ide, gagasan, prakarya dan terobosan baru dalam pemecahan masalah, serta mengembangkan sikap saling menghargai pendapat orang lain.
Kelemahan metode diskusi yang lain diantaranya: 1) pembicaraan terkadang menyimpang, sehingga memerlukan waktu yang panjang; 2) tidak bisa dipakai pada kelompok yang besar; 3) peserta mendapat informasi yang terbatas; 4) kemungkinan besar diskusi hanya dikuasai oleh orang-orang yang Page 10 18 suka berbicara.
Nama : SIL SEPTIANI UTAMA
ReplyDeleteNIM : 2110206056
JURUSAN : MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
SEMESTER : 2
KELAS : 2A
Metode Pembelajaran Konvensional
Macam-macam metode pembelajaran yang pertama dan paling sering digunakan adalah metode konvensional atau metode ceramah. Pada metode ini, guru menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa dengan cara berceramah.
Macam-macam metode pembelajaran satu ini merupakan metode paling praktis, tidak membutuhkan banyak alat bantu, dan juga tidak membutuhkan biaya terlalu banyak. Berikut kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran konvensional:
Kelebihan metode pembelajaran konvensional di antaranya adalah:
- Dapat diikuti oleh jumlah anak didik yang banyak.
- Siswa menjadi lebih fokus.
- Guru mengendalikan kelas secara penuh.
- Guru dapat menyampaikan pelajaran yang luas.
- Pelaksanaannya Mudah
Kekurangan metode pembelajaran konvensional:
- Siswa menjadi pasif.
- Proses belajar kurang menarik dan membosankan
- Proses pengajaran berfokus pada pengertian kata- kata saja.
- Evaluasi proses belajar sulit dikontrol, karena tidak ada poin pencapaian yang jelas.
Natasya
ReplyDelete2110206044
MPI 2A
Ilmu prndidikan islam
METODE TANYA JAWAB
Kelebihan dan Kelemahan Metode Tanya Jawab
a. Kelebihan dari metode tanya jawab ini antara lain :
1) Dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa terhadap pelajaran.
2) Mengetahui kedudukan atau kualitas siswa dalam belajar di kelas.
3) Dapat merangsang siswa menggunakan daya pikir dan nalarnya.
4) Menimbulkan keberanian dalam mengemukakan jawaban.
b. Sedangkan kekurangan dari metode tanya jawab ini antara lain :
1) Pada kelas yang jumlah siswa nya besar pertanyaan dapat disebarkan ke seluruh siswa sehingga siswa tidak memiliki kesempatan yang sama untuk menjawab ataupun bertanya.
2) Siswa yang tidak aktiftidak memperhatikan, bahkan tidak terlibat.
3) Sering guru tidak memiliki ketrampilan bertanya yang memadai sehingga tujuan pelajaran tidak tercapai.
4) Menimbulkan rasa rendah diri pada siswa yang tidak memiliki keberanian menjawab atau bertanya.
5) Dapat membuang-buang waktu bila siswa tidak responsif terhadap pertanyaan.
Nama : Nurpaizah
ReplyDeleteNim : 2110206011
Jurusan MPI
Kelas : 2A
Semester : 2
1.Perbandingan terhadap demokrasi yang pernah diterapkan di indonesia pada masa orde lama, masa orde baru,dan maupun masa reformasi antara lain adalah:
- Pada masa orde lama yang dimana merupakan masa yang berada dibawah kepemimpinan oleh Presiden Soekarno yang ditetapkan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Masa Orde Lama merupakan dimana terbentuknya ataupun terlaksananya demokrasi terpimpin yaitu hal yang berupa setiap keputusan ada pada penguasa dan sifatnya absolut serta di demokrasi terpimpin inilah tercipta rasa untuk bergotong royong, Tidak mau memperoleh kemenangan dan bersifat membeda-bedakan terhadap golongan lain yang berbeda. Terdapat batasan terhadap partai politik juga.
- Pada masa orde baru yang berbeda dengan orde lama dimana masa orde baru adalah masa yang berada dibawah kepemimpinan Presiden Soeharto yang ciri-ciri dari masa orde baru dapat dilihat bahwa penentuan keputusan ada pada kekuasaan yang ada di tangan Presiden, lalu dimasa orde baru juga tidak dikenal dengan yang namanya periode jabatan sehingga Soeharto mampu dapat menjabat hingga 32 tahun, Di masa orde baru juga terdapat maraknya KKN (Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme) yang meresahkan rakyat serta terjadinya pembatasan dibagian hak-hak politik rakyat sendiri.
- Pada masa reformasi, dimana pada masa inilah diberlakukan periode jabatan untuk presiden dan wakil presiden yaitu disepakati dengan masa jabatan selama 5 tahun. Setelah 5 tahun, akan melakukan pergantian. Lalu, pelaksanaan demokrasi di masa reformasi ini dapat dilihat perubahannya yang ada pada pemilihan kepala pemerintahan yang dilakukan secara langsung, lalu adanya pemberdayaan buat masyarakat-masyarakat sipil, adanya partai politik yang independen serta terjadinya dan terbentuk lembaga-lembaga penguatan masyarakat.
2.Pelaksanaan demokrasi terbaik
Menurut saya yaitu pelaksanaan demokrasi orde baru
Karena Orde baru sebab pada masa itu pemerontahan seokarno berusaha memantapkan kehidupan politik nasional dengan menyelenggarakan kepemimpinan nasional secara periodik setiap lima tahun. dan presiden soekarno pula menerapkan demokrasi terpimpin dgn pemusatan kekuasaan pada presiden. akhirnya pemerintahan berakhir tidak ada dukungan dark rakyat
Nama: Fellicia Tri Fortuna
ReplyDeletenim: 2110206022
Mpi 2B
Metode Pembelajaran Konvensional
Macam-macam metode pembelajaran yang pertama dan paling sering digunakan adalah metode konvensional atau metode ceramah. Pada metode ini, guru menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa dengan cara berceramah.
Macam-macam metode pembelajaran satu ini merupakan metode paling praktis, tidak membutuhkan banyak alat bantu, dan juga tidak membutuhkan biaya terlalu banyak. Berikut kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran konvensional:
Kelebihan metode pembelajaran konvensional di antaranya adalah:
- Dapat diikuti oleh jumlah anak didik yang banyak.
- Siswa menjadi lebih fokus.
- Guru mengendalikan kelas secara penuh.
- Guru dapat menyampaikan pelajaran yang luas.
- Pelaksanaannya Mudah
Kekurangan metode pembelajaran konvensional:
- Siswa menjadi pasif.
- Proses belajar kurang menarik dan membosankan
- Proses pengajaran berfokus pada pengertian kata- kata saja.
- Evaluasi proses belajar sulit dikontrol, karena tidak ada poin pencapaian yang jelas.
Nama: Arya TriWijaya
ReplyDeletenim: 2110206014
Mpi 2B
Metode Pembelajaran Konvensional
Macam-macam metode pembelajaran yang pertama dan paling sering digunakan adalah metode konvensional atau metode ceramah. Pada metode ini, guru menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa dengan cara berceramah.
Macam-macam metode pembelajaran satu ini merupakan metode paling praktis, tidak membutuhkan banyak alat bantu, dan juga tidak membutuhkan biaya terlalu banyak. Berikut kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran konvensional:
Kelebihan metode pembelajaran konvensional di antaranya adalah:
- Dapat diikuti oleh jumlah anak didik yang banyak.
- Siswa menjadi lebih fokus.
- Guru mengendalikan kelas secara penuh.
- Guru dapat menyampaikan pelajaran yang luas.
- Pelaksanaannya Mudah
Kekurangan metode pembelajaran konvensional:
- Siswa menjadi pasif.
- Proses belajar kurang menarik dan membosankan
- Proses pengajaran berfokus pada pengertian kata- kata saja.
- Evaluasi proses belajar sulit dikontrol, karena tidak ada poin pencapaian yang jelas.
NAMA : MOHD. RIZHIQ ADHAR
ReplyDeleteNIM : 2110206067
JURUSAN : MPI 2B
MK : IPI
-Metode Pendidikan nasihat
Didalam jiwa terdapat pembawaan untuk terpengaruh oleh kata-kata yang didengar.
Pembawan itu biasanya tidak tetap, dan oleh karena itu, kata-kata itu harus diulang-ulangi.
Nasihat yang berpengaruh, membuka jalannya ke dalam jiwa secara langsung melalui perasaan.
Al-Qur’an mengungkapkan kalimat-kalimat yang menyentuh hati untuk mengarahkan manusia kepada ide yang dikehendakinya. Inilah yang kemudian dikenal senagai nasi>h}ah.
Tatapi nasihat yang disampaikan ini selalu disertai denga panutan atau teladan dari si pemberi atau penyampai nasihat itu.
Hal ini, menunjukan bahwa antara satu metode yakni nasihat dengan metode lain yang dalam hal ini adalah teladan bersifat saling melengkapi.
Menurut Asnelly Ilyas materi pokok yang mesti terkandung dalam nasihat ada tiga, yaitu:
Tentang peringatan kebaikan atau kebenaran yang harus dilakukan seseorang.
Motivasi atau dorongan untuk beramal dan menunjukan ke arah akhirat.
Tentang peringatan adanya kemadaratan yang harus dihindarkan, baik yang menimpa dirinya maupun orang lain.
Nama:aditya
ReplyDeleteNim: 2110206050
Mk:ilmu pendidikan islam
Lokal:Mpi 2 B
Izin menambahkan jawaban pendalaman materinya pak.
Metode kerja kelompok
Metode kerja kelompok memilki peran yang amat penting dalam menumbuhkan kedewasaan dan kemampuan anak dalam menguasai materi dengan belajar bersama - sama.
KELEBIHAN
A. Dapat meningkatkan kualitas kepribadian siswa, seperti adanya kerjasama, toleransi, berpikir kritis, dan dislipin.
B. Timbul persaingan yang positif antar kelompok.
C. Dapat saling membantu anggota yang kurang pandai menyelesaikan tugas.
D. Anggota tim dengan latar belakang yang berbeda dapat memperkuat legabilitas dan kualiltas pengambilan keputusan.
E. Meningkatkan tingkat kinerja tim.
KEKURANGAN
A. Terlalu banyak persiapan dan pengaturan yang kompleks.
B. Bila kurang terkontrol maka akan terjadi persaingan negatif antar kelompok.
C. Terjadi ketidakseimbangan dalam pembagian tugas. Biasanya akan dikerjakan oleh beberapa anggota saja yang rajin, sedangkan anggota lainnya tidak terlibat sama sekali.
D. Cenderung menjadi tempat mengobrol jika tidak ada kedisiplinan dalam belajar.
Nama : MOHD RUSSAZRIN REZI
ReplyDeleteJurusan : MPI
Semester : 2
Kelas : 2B
1.Metode Ceramah
Adalah cara penyampai materi pembelajaran dengan mengutamakan interaksi antara guru dan siswa
Kelebihan :
Ceramah merupakan metode yang “murah” dan sekaligus “mudah” dilakukan. Murah dalam arti bahwa proses ceramah tidak memerlukan peralatan-peralatan yang lengkap. Hal ini tentu berbeda dengan metode lain, seperti proyek atau latihan. Dikatakan mudah karena ceramah hanya mengandalkan suara guru, dengan demikian tidak terlalu memerlukan persiapan yang rumit.
Kekurangan
Materi yang dikuasai siswa sangat terbatas pada materi yang dikuasai guru saja. Kelemahan ini yang paling dominan, sebab materi yang diberikan guru adalah materi yang dikuasainya, sehingga materi peajaran yang dikuasai siswapun akan tergantung pada apa yang disampaikan guru itu.
2.Metode Diskusi
Metode diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan. Diskusi merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis pemecahan masalah.
Kelebihan
(1)Dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif khususnya dalam memberikan gagasan dan ide-ide.
(2) Dapat melatih untuk membiasakan diri bertukar pikiran dalam mengatasi setiap permasalahan.
(3) Dapat melatih siswa untuk dapat mengemukakan pendapat atau gagasan secara verbal.
Kekurangan
(1) Sering terjadi pembicaraan dalam diskusi dikuasai oleh 2 atau 3 orang siswa yang memiliki keterampilan berbicara.
(2) Kadang-kadang pembahasan dalam diskusi meluas, sehingga kesimpulan menjadi kabur.
(3) Memerlukan waktu yang cukup panjang, yang kadang-kadang tidak sesuai dengan yang direncanakan.
(4) Dalam diskusi sering terjadi perbedaan pendapat yang bersifat emosional yang tidak terkontrol.
Nama : Hesti Ulia Sari
ReplyDeleteNim :2110206008
Kelas :2 B
Prodi : Manajemen Pendidikan Islam
Matkul: Ilmu Pendidikan Islam
Metode demonstrasi
Kelebihan metode demonstrasi:
a.Perhatian murid dapat dipusatkan kepada hal-hal yang dianggap penting oleh guru sehingga hal yang penting itu dapat diamati secara teliti. Disamping itu perhatian siswapun lebih mudah dipusatkan pada prses mengajara dan belajar dan tidak kepada yang lainnya.
b.Dapat mengurangi kesalahan-kealahan bila dibandingkan dengan hanya membaca tau mendengarkan, karena murid mendapatkan gambaran yang jelas dari hasil pengamatannya.
c.Karena gerakan dan proses dipertunjukkan maka tidak memerlukan keterangan-keterangan yang banyak.
d.Beberapa persoalan yang menimbulkan pertanyaan atau keraguan dapat diperjelas waktu proses demonstrasi.
Kekurangan metode demonstrasi:
a. Untuk mengadakan demonstrasi diperlukan alat-alat yang khusus. Kadang-kadang alat itu sukar didapat.
b. Dalam mengadakan pengamatan terhadap hal-hal yang didemonstrasikan diperlukan pemusatan perhatian.
c. Tidak semua hal dapt didemonstrasikan didalam kelas.
d. Memerlukan banyak waktu, sedangkan hasilnya kadang-kadang sangat minim.
e. Kadang-kadang proses yang didemonstrasikan di dalam kelas akan berbeda jika proses itu didemonstrasikan dalam situasi nyata/sebenarnya.
PITRIZA AUDIA
ReplyDelete2110206015
MPI 2b
Metode diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan peserta didik pada suatu permasalahan. Tujuan utama metode ini adalah untuk memecahkan permasalahan, menjawab pertanyaan dan memahami pengeta-huan peserta didik, serta untuk membuatu suatu keputusan.
Diskusi merupakan kegiatan yang wajar dilakukan seseorang dalam memecahkan suatu masalah.
Diskusi melibatakanketerampilan berbicara, dalam ragam budaya masyarakat Indonesia bisa terwujud dalam berbagai bentuk, di antara rutinitas kegiatan berbicara dalam kehidupan manusia sehari-hari.
Nama : M Reza Hidayat
ReplyDeleteNim : 2110206007
Lokal : MPI 2B
Metode karya wisata
Kadang-kadang dalam proses belajar mengajar siswa perlu diajak ke luar sekolah, untuk meninjau tempat tertentu atau objek yang lain. Hal ini bukan sekadar rekreasi, tetapi untuk belajar atau memperdalam pelajarannya dengan melihat kenyataannya. Karena itu, dikatakan teknik karyawisata, adalah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajar siswa ke suatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari/menyelidiki sesuatu seperti meninjau pabrik sepatu, suatu bengkel toko serba ada, suatu peternakan atau perkebunan, museum, mobil dan sebagainya. Banyak istilah yang digunakan, tetapi maksudnya sama dengan karyawisata, seperti widyawisata, study-tour, dan sebagainya. Karyawisata ada dalam waktu singkat, dan ada pula dalam waktu beberapa hari atau waktu panjang.
Tehnik karya wisata ini digunakan karena memiliki tujuan dengan melaksanakan karya wisata di harapkan siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari objek yang dilihatnya, dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang, serta dapat bertanya jawab mungkin dengan jalan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapinya dalam pelajaran, ataupun pengetahuan umum. Juga mereka bisa melihat, mendengar, meneliti dan mencoba apa yang dihadapinya, agar nantinya dapat mengambil kesimpulan, dan sekaligus dalam waktu yang sama ia bisa mempelajari beberapa-mata pelajaran.
Kelebihan metode karya wisata
- Karyawisata memiliki prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran.
- Membuat apa yang dipelajari di sekolah lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan di masyarakat.
- Pengajaran serupa ini dapat lebih merangsang kreativitas siswa.
- Informasi sebagai bahan pelajaran lebih luas dan aktual.
- Dengan obyek yang ditinjau itu siswa dapat memperoleh bermacam-macam pengetahuan dan pengalaman yang terintegrasi, yang tidak terpisah-pisah dan terpadu.
Kekurangan metode karya wisata
- Fasilitas yang diperlukan dan biaya yang dipergunakan sulit untuk disediakan oleh siswa atau sekolah.
- Sangat memerlukan persiapan atau perencanaan yang matang
- Memerlukan koordinasi dengan guru serta bidang studi lain agar tak terjadi tumpang tindih waktu dan kegiatan selama karyawisata.
- Dalam karyawisata sering unsur rekreasi menjadi lebih prioritas daripada tujuan utama, sedang unsur studinya menjadi terabaikan
- sulit mengatur siswa yang banyak dalam perjalan dan mengarahkan mereka kepada kegiatan studi yang menjadi permasalahan
Nama :Muhammad Arib Silaiman
ReplyDeleteJurusan :MPI
Semester :2
Kelas :2 B
Metode pemberian tugas
Metode pemberian tugas dan resitasi adalah metode pembelajaran yang dilakukandengan memberikan tugas tertentu kepada siswa untuk dikerjakan dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Tugas yang diberikan guru dapat memperdalam materi pelajaran dan dapat pula mengevaluasi materi yang telah dipelajari.
Kelebihan:
a) Baik sekali untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang konstruktif.
b) Memupuk rasa tanggung jawab dalam segala tugas sebab dalam strategi ini siswa harus mempertanggung jawabkan segala sesuatu (tugas) yang telah dikerjakan.
c) Menanamkan kebiasaan untuk giat belajar kepada siswa
d) Memberikan tugas siswa untuk sifat yang praktis.
Kekurangan:
a) Tidak jarang pekerjaan yang ditugaskan itu diselesaikan dengan meniru pekerjaan orang lain.
b) Karena perbedaan individu, maka tugas apabila diberikan secara umum mungkin beberapa orang diantaranya merasa sukar sedangkan sebagian lainnya merasa mudah menyelesaikan tugas tersebut.
c) Apabila tugas diberikan, lebih-lebih bila itu sukar dikerjakan, maka ketenangan mental para siswa menjadi terpengaruh.
Nama : Mela rasika yanti
ReplyDeleteNim : 2210206012
Jurusan : MPI IAIN kerinci
Semester: 2
Kelas : 2B
1. Metode belajar kelompok
Adalah sebuah metode pembelajaran yang di lakukan secara berkelompok, di mana para siswa belajar secara bekerja sama dalam sebuah kelompok untuk menyelesaikan tugas belajar.
* Kelebihan : bisa saling tukar pendapat, bisa memecahkan masalah, menghasilkan rasa bosan, meningkatkan motivasi belajar dan membantu mengembangkan keterampilan.
* Kekurangan: tugas yang di berikan dalam belajar kelompok hanya satu orang yang bekerja, apabila tidak ada guru atau pembimbing maka akan terjadi suatu persaingan antar kelompok dan ada kepribadian yang ingin menonjol.
Nama: Neltia Putri
ReplyDeleteNim: 2210206055
Semester:2
Jurusan: Manajemen Pendidikan Islam
Kelas:2C
METODE EKSPERIMEN
*Eksperimen dapat didefinisikan sebagai kegiatan terperinci yang direncanakan untuk menghasilkan data untuk menjawab suatu masalah atau menguji suatu hipotesis. Tujuan metode eksperimen dalam pembelajaran diantaranya peserta didik dapat mengamati fakta/fenomena, mengumpulkan data dari percobaan, mengolah data menjadi informasi, mampu merancang, mempersiapkan, melakukan dan melaporkan percobaan serta melatih penggunaan logika berpikir induktif untuk menarik kesimpulan dari fakta-fakta, informasi atau data yang diperoleh dari percobaan
1) Keunggulan-Keunggulan Metode Eksperimen
a) Fakta atau data yang diperoleh siswa secara langsung mudah diingat
b) Guru dapat berkeliling kelas sambil melakukan penilaian terhadap sikap dan psikomotor
c) Melatih kerja sama pada diri siswa karena metode eksperimen di sekolah biasanya dilakukan secara berkelompok
2) Kelemahan-Kelemahan Metode Eksperimen
a) Memerlukan bahan dan alat praktik yang banyak
b) Kalau siswa tidak diawasi dengan baik kadang-kadang ada yang main-main di kelompoknya
c) Memerlukan waktu belajar yang lebih lama dari pada metode demonstrasi