STRATEGI PEMBELAJARAN 2

 STRATEGI PEMBELAJARAN

Dosen: Megi Vornika, M.Pd

TUGAS MANDIRI:

1. Baca dan Pahami jurnal materi ke-9 buka ini >>> Mulai

2. Buatlah video simulasi pembelajaran Anda dalam bentuk Youtube kirim disini >>>Mulai   

Contoh:

Buka/ klik ini >>>Video Simulasi Pembelajaran

Buka/ klik ini >>>Video Simulasi Pembelajaran


Buka/ Klik ini >>>STANDAR PROSES SATUAN PENDIDIKAN

   PARADIGMA-PARADIGMA PENGAJARAN & PEMBELAJARAN

           Paradigma secara etimologis berasal dari bahasa Inggris, yaitu paradigm berarti type of something, model, pattern (bentuk sesuatu, model, pola). Sedangkan secara terminologis berarti a total view of a problem, a total outlook, not just a problem in isolation. Secara sederhana ia diartikan sebagai cara pandang atau cara berpikir. Dengan demikian, maksud “paradigma” sebagai dasar sistem pendidikan adalah cara berpikir atau sketsa pandang menyeluruh yang mendasari rancang bangun suatu sistem Pendidikan.

        Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi anatara pendidik dan peserta didik untuk memperoleh suatu perubahan perilaku secara menyeluruh, sebagai hasil dari interaksi individu dengan lingkungannya. Menurut Arsad Bahri dkk, pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam proses pembelajaran, peserta didik dipandang sebagai individu yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya memiliki kemampuan berbeda seperti kemampuan akademik, minat dan latar belakang. Menurut Darsono yang dikutip oleh Mustahu bahwa pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua, yaitu secara umum dan secara khusus. Pengertian pembelajaran secara umum adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik sedemikian rupa, sehingga tingkah laku peserta didik berubah ke arah yang lebih baik. Sedangkan pembelajaran secara khusus adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara tidak sadar dan tidak sengaja. Oleh karena itu pembelajaran pasti mempunyai tujuan pembelajaran (learning), merupakan proses perubahan yang relatif konstan dalam tingkah laku yang terjadi karena adanya sesuatu pengalaman atau latihan. Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisikondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari Pendidikan

        Keterampilan dasar mengajar sangat penting dimiliki oleh seorang guru, karena untuk menjadi seorang guru yang profesional harus terampil dalam menjelaskan pembelajaran agar mampu membimbing siswa dalam memahami konsep pembelajaran, melatih kemandirian siswa serta mampu berpikir kritis dan logis. Menurut Abdul Majid terdapat 8 keterampilan dasar dalam mengajar, diantaranya:

1.   Keterampilan bertanya, yang mensyaratkan guru harus menguasai teknik mengajukan pertanyaan yang cerdas, baik keterampilan bertanya dasar maupun keterampilan bertanya lanjut.

2. Keterampilan memberi penguatan, seorang guru perlumemnguasai keterampilan memberi penguatan karena penuatan merupakan dorongan bagi siswa untuk meningkatkan perhatian.

3. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, guru harus mengadakan pendekatan secara pribadi, mengorganisasikan, membimbing, dan memudahkan belajar, serta merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar

4.   Keterampilan menjelaskan, guru harus mampu menjelaskan materi pembelajaran sesuai dengan kehidupa sehari-hari serta penjelasan harus relevan dengan tujuan, materi sesuai dengan kemampuan dan latar belakang siswa.

5.    Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, dalam konteks ini guru perlu mendesain situasi yang beragam sehingga kondisi kelas menjadi dinamis

6.   Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, hal terpenting dalam proses ini adalah mencermati aktivitas siswa dalam diskusi

7. Keterampilan mengelola kelas, mencakup keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, serta pengendalian kondisi belajar yang optimal

8.  Keterampilan mmengadakan variasi, baik variasi dalam gaya mengajar, penggunaan media dan bahan pelajaran, dan pola interaksi dan kegiatan

Buka/ Klik ini >>> Jurnal 



klik buka ini >> Guru Profesional adalah semua orang yang mempunyai kewenangan serta bertanggung jawab  tentang pendidikan anak didiknya, baik secara individu atau klasikal, di sekolah atau luar sekolah.
Kompetensi yang harus dimiliki guru adalah:
  1. Kompetensi Paedagogik
  2. Kompetensi Personal (Kepribadian)
  3. Kompetensi Profesional (Fisik, Mental dan kepribadian, Keilmuan atau pengetahuan, Keterampilan)
  4. Kompetensi Sosial.

Comments

  1. Apakah ada pertanyaan silahkan ketik di sini tulis (NAMA dan Pertanyaan)

    ReplyDelete
  2. Nama : Neltia putri
    mpi4c
    pertanyaan saya apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkat kan pembelajaran dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut

    ReplyDelete

Post a Comment

BELAJAR (ILMU) PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UAS PENDIDIKAN PANCASILA