Praktik Identifikasi Kebuthan Dasar Murid

AKSI NYATA 

TOPIK: DISIPLIN POSITIF 

Praktik Identifikasi Kebuthan Dasar Murid

Aksi Nyata:

  1. Jelaskan kepada murid tentang kebutuhan dasar manusia.
  2. Mintalah murid untuk menggambar, menulis atau mengisi survey pemahaman tentang kebutuhan dasar.
  3. Analisis kebutuhan dasar Murid Anda, mana yang paling tinggi, dan kebutuhan dasar mana yang paling rendah
  4. Petakanlah kebutuhan dasar murid di kelas Anda.
  5. Buatlah strategi aksi apa yang akan anda lakukan dari hasil pemetaan kebutuhan dasar murid. Kebutuhan dasar apa dari murid yang belum terpenuhi dan bagaimana anda akan membantu murid memeneuhi kebutuhan dasar tersebut? 

Praktik Identifikasi Kebuthan Dasar Murid

 MEGI VORNIKA, M.Pd

VIDEO PEMBELAJARAN HAKIKAT MANUSIA

 

Sumber : video Megi Vornika- YouTube 

MODUL : Penjelasan kebutuhan dasar Manusia
















BAHAN BACAAN RELEVAN TENTANG KEBUTUHAN DASAR MANUSIA >>Buka dan Baca ini








Buka ini: Kebudayaan



Sumber : buku dan video Megi Vornika



Comments

  1. Nama Rhigo Istighfara
    NIM 2110202013
    Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 2

    1. Manfaat mempelajari hakikat manusia 1 memberikan gerak serta membimbing ke arah tujuan guna mewujudkan masyarakat Pancasila 2 menunjukkan kepribadian bangsa Indonesia 3 sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan negara

    2. Beberapa pandangan mendasar tentang hakikat manusia
    Pandangan Islam
    1 manusia adalah ciptaan Allah
    2 manusia sebagai khalifah
    3 manusia dan takdirnya
    Pandangan ilmuwan barat
    1 pandangan psiko analitik dari S. freud
    2. pandangan humanistik oleh Roger, Hansen, adlet dan Martin Buber, (pemikiran manusia)

    3. Yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi Hakikat manusia adalah setiap individu sendiri karena semuanya adalah amanat dari Allah yang terjaga dan berada pada lingkungan yang baik untuk berkembang sehingga tidak terhambat dan tidak terbatas pemikirannya hanya pada satu ruang lingkup

    ReplyDelete
  2. Nama : Feby Ananda
    Nim : 2110204013
    Jurusan : TADRIS BIOLOGI 2A

    1.Jelaskan manfaat mempelajari hakikat manusia!
    ➡️ Manfaat mempelajari hakikat manusia adalah agar kita dapat melakukan peran kita sebagai makhluk ciptaan Allah yang maha esa yang paling sempurna. dalam mempelajari hakikat manusia kita mendapatkan banyak hal dan pengalaman serta pengertian mengenai diri kita sendiri yaitu Manusia

    2. Kemukakan perbedaan yang mendasar antara pandangan hakikat manusia pakar dunia barat dibandingkan dengan pandangan Islam!
    ➡️ Menurut pandangan pakar dunia barat
    1).manusia merupakan suatu sistem yang terisolasi dan didorong oleh dua impuls, yakni insting untuk bertahan hidup dan merasakan kenikmatan.
    2).manusia menggunakan tiga struktur kepribadian dalam dirinya, yakni id, ego, dan superego.

    3. Kemukakan siapa yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi-dimensi Hakikat manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya!
    ➡️ Yang bertanggung jawab adalah diri manusia itu sendiri, orang tua, para pendidik dan masyarakat.

    ReplyDelete
  3. Nama : Feby Ananda
    Nim : 2110204013
    Jurusan : TADRIS BIOLOGI 2A

    1.Jelaskan manfaat mempelajari hakikat manusia!
    ➡️ Manfaat mempelajari hakikat manusia adalah agar kita dapat melakukan peran kita sebagai makhluk ciptaan Allah yang maha esa yang paling sempurna. dalam mempelajari hakikat manusia kita mendapatkan banyak hal dan pengalaman serta pengertian mengenai diri kita sendiri yaitu Manusia

    2. Kemukakan perbedaan yang mendasar antara pandangan hakikat manusia pakar dunia barat dibandingkan dengan pandangan Islam!
    ➡️ Menurut pandangan pakar dunia barat
    1).manusia merupakan suatu sistem yang terisolasi dan didorong oleh dua impuls, yakni insting untuk bertahan hidup dan merasakan kenikmatan.
    2).manusia menggunakan tiga struktur kepribadian dalam dirinya, yakni id, ego, dan superego.

    ➡️Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk tumbuh berkembang menuju kepada kesempurnaan.

    3. Kemukakan siapa yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi-dimensi Hakikat manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya!
    ➡️ Yang bertanggung jawab adalah diri manusia itu sendiri, orang tua, para pendidik dan masyarakat.

    ReplyDelete
  4. Nama: Fellicia Tri Fortuna
    Nim: 2110206022
    Jurusan: MPI
    1.Kita dapat mengembangkan ilmu kita dan kita juga dapat mengetahui mengapa tuhan yang maha esa menjadikan kita khalifah dan kita juga dapat mengerti yujuan tuhan menciptakan kita dan juga agar kita dapat melakukan peran kita sebagai makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna kita juga dapat bersyukur karena tuhan telah menciptakan kita dalm mempelajaru hakikat manusia kita mendapat banyak hal dan pengalaman serta pengertian mengenai diri kita sendiri yaitu MANUSIA
    2.Perbedaan mendasar terhadap konsep manusia menurut pandangan barat dan islam dapat ditemukan pada hakikat penciptaan manusia. Dalam Islam jelas manusia diciptakan oleh Allah SWT melalui beragam proses, bermula dari saripati tanah, lalu menjadi nutfah, alaqah, dan kemudian ditiupkan ruh dalam segumpal daging tersebut. Nah, dalam pandangan barat tidak ditemukan secara rinci dan teliti mengenai hakikat penciptaan manusia (sehingga hal ini menjadi pembeda paradigma pedagogis manusia). Karenanya teori Darwin pada masa lampau menjadi jawaban atas hakikat penciptaan manusia. Masih banyak penganut teori Darwin yang menganggap bahwa manusia itu kemungkinan besar tercipta melalui proses evolusi yang panjang (dari monyet). Para penganut teori Darwin ini, menempatkan manusia sejajar dengan binatang dan menerangkan terjadinya manusia atau hakikat penciptaan manusia dari sebab-sebab mekanis.
    3.Pada hakekat manusia terdapat 4 dimensi manusia yang dibawa dari lahir. Adapun dimensi-dimensi tersebut adalah dimensi keindividuan, dimensi kesosialan, dimensi kesusilaan, dan dimensi keberagamaan.
    CONTOH YANG MEMANUSIAKAN MANUSIA
    1.Warga Aceh yang menyelamatkan warga Rohingya yang terdampar dengan kapal.
    2.Ikut mendonasikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.
    3.Tidak semena-mena terhadap orang lain.
    4.Memberi makan fakir atau miskin.
    Penerapan ini dapat diamalkan dengan cara memanusiakan manusia, yaitu mengakui adanya persamaaan derajat dan martabat dengan saling tolong menolong dan berempati satu sama lainnya. Kita harus menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain.

    ReplyDelete
  5. Nama:faolin okta rosiyana
    Nim:2110206030
    Jurusan:MPI 2 B
    1.jelaskan manfaat mempelajari hakikat manusia!
    ➡️Manfaat mempelajari hakikat manusia yaitu:
    a) Memahami bahwa menurut Al-Qur'an manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yangmempunyai keistimewaan,yakni dihadiahi akal dan pikiran.
    b) Melalui akal dan pikiran manusia diberi kesempatan untuk mengolah dan memanfaatkanalam semesta beserta isinya semaksimal mungkin.
    c) Akal dan pikiran akan memproses bagaimana kita bisa mengembangjan segenap potensi yangada dalam diri manusia sebagai seorang insan.
    d) Manusia dapat memaknai kehidupan nya dan memberi makna terhadap kehidupan oranglain.
    2. Kemukakan perbedaan yang mendasar antara pandangan hakikat manusia menurut pakardunia barat dibandingkan dengan pandangan Islam!
    ➡️perbedaan yang mendasar terhadap konsep hakikat manusia menurut pandangan dunia baratdibandingkan islam yaitu dapat ditemukan pada hakikat penciptaan manusia.Dalam islam manusia diciptakan oleh Allah swt melalui beragam proses,mulai dari saripati tanah, menjadi butjuh, alaqah dan kemudian diupkan ruh. Berbeda dengan pandangan dunia barat yang mana teori Darwin menyebutkan bahwa manusia itu kemungkinan besar terciptamelalui proses evolusi yang panjang dari seekor monyet.
    3. kemukakan siapa yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi hakikat-hakikat manusia untuk menjadi manusia seutuhnya!
    ➡️tanggung jawab itu sendiri meliputi:diri manusia itu sendiri, orang tua, para pendidik dan masyarakat.

    4. Jelaskan contoh dari perbuatan yang memanusiakan manusia,dan penerapannya dalam tingkah laku sehari-hari!
    ➡️contoh nya:Sesama manusia harus saling menghargai, menghormati dan tidak mengadili. Tidak ada tindakan yang merendahkan, mencibir atau hal lain yang membuat sakit hati dan sebagainya.
    Penerapan dalam tingkah laku sehari-hari, yaitu mengakui adanya persamaaan derajat dan martabat dengan saling tolong menolong dan ber empati satu sama lainnya. Kita harus menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain.

    ReplyDelete
  6. Nama : adam mustakim
    Nim 2110206012
    Jurusan : MPI 2B

    1. Manfaat mempelajari hakikat manusia ?
    >Kita dapat mengembangkan ilmu kita dan kita juga dapat mengetahui mengapa tuhan yang maha esa menjadikan kita khalifah dan kita juga dapat mengerti yujuan tuhan menciptakan kita dan juga agar kita dapat melakukan peran kita sebagai makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna kita juga dapat bersyukur karena tuhan telah menciptakan kita dalm mempelajaru hakikat manusia kita mendapat banyak hal dan pengalaman serta pengertian mengenai diri kita sendiri yaitu MANUSIA

    2.Kemukakan perbedaan yang mendasar antara pandangan hakikat manusia menurut pakardunia barat dibandingkan dengan pandangan Islam!
    >. Untuk menjawab pertanyaan itu mari kita melihat beberapa definisi tentang
    manusia. Beberapa ahli filsafat, Socrates misalnya, menyebut manusia sebagai
    Zoon politicon atau hewan yang bermasyarakat, dan Max Scheller menyebutnya
    sebagai Das Kranke Tier atau hewan yang sakit yang selalu bermasalah dan gelisah.1
    Ilmu-ilmu humaniora termasuk ilmu filsafat telah mencoba menjawab pertanyaan
    mendasar tentang manusia itu, sehingga terdapat banyak rumusan atau
    pengertian tentang manusia. Selain yang telah disebutkan di atas, beberapa
    rumusan .

    3.kemukakan siapa yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi hakikat-hakikat manusia untuk menjadi manusia seutuhnya!
    >Potensi kemanusiaan merupakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia. Manusia memiliki memiliki ciri khas manusia yang secara prinsipiil berbeda dari hewan. Ciri khas manusia yang membedakannya dari hewan terbentuk dari kumpulan terpadu dari apa yang disebut sifat hakikat manusia. Di sebut sifat hakikat manusia karena sejara hakikat manusia karena secara hakiki sifat tersebut hanya dimiliki oleh manusia dan tidak terdapat pada hewan. Oleh karena itu, strategis jika pembahasan tentang hakikat manusia di tempatkan pada seluruh pengkajian tentang pendidikan, dengan harapan menjadi titik tolak bagi paparan selanjutnya. Untuk mencapai pengetahuan hakikat manusia tersebut maka akan dikemukakan materi yang meliputi: arti dan wujud sifat hakikat manusia, dimensi- dimensinya, pengembangan dimensi tersebut dan sosok manusia indonesia seutuhnya.



    4.Jelaskan contoh dari perbuatan yang memanusiakan manusia,dan penerapannya dalam tingkah laku sehari-hari!

    >Mencintai sesama dan tolong menolong
    Tidak membeda-bedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi, dan pendidikannya. Saling mencintai antarsesama warga Indonesia, agar tercipta kerukunan dalam hidup bermasyarakat dan bernegara.

    ReplyDelete
  7. Nama : Nurpaizah
    Nim : 2110206011
    Lokal : 2A
    Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam

    1. jelaskan manfaat mempelajari hakikat manusia!

    Jawaban 👇

    Manfaat mempelajari hakikat manusia yaitu:

    a) Memahami bahwa
    menurut Al-Qur'an manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yangmempunyai keistimewaan,yakni dihadiahi akal dan pikiran.
    b) Melalui akal dan pikiran manusia diberi kesempatan untuk mengolah dan memanfaatkanalam semesta beserta isinya semaksimal mungkin.
    c) Akal dan pikiran akan memproses bagaimana kita bisa mengembangjan segenap potensi yangada dalam diri manusia sebagai seorang insan.

    2. Kemukakan perbedaan yang mendasar antara pandangan hakikat manusia menurut pakardunia barat dibandingkan dengan pandangan Islam!

    Jawaban 👇

    perbedaan yang mendasar terhadap konsep hakikat manusia menurut pandangan dunia baratdibandingkan islam yaitu dapat ditemukan pada hakikat penciptaan manusia.Dalam islam manusia diciptakan oleh Allah swt melalui beragam proses,mulai dari saripati tanah, menjadi butjuh, alaqah dan kemudian diupkan ruh. Berbeda dengan pandangan dunia barat yang mana teori Darwin menyebutkan bahwa manusia itu kemungkinan besar terciptamelalui proses evolusi yang panjang dari seekor monyet.

    3. kemukakan siapa yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi hakikat-hakikat manusia untuk menjadi manusia seutuhnya.

    Jawaban 👇

    Tanggung jawab itu sendiri meliputi:diri manusia itu sendiri, orang tua, para pendidik dan masyarakat.

    4. Jelaskan contoh dari perbuatan yang memanusiakan manusia,dan penerapannya dalam tingkah laku sehari-hari.

    Jawaban 👇
    contoh dari perbuatan yang memanusiakan ialah dapat kita lihat sebagai berikut :Sesama manusia harus saling menghargai, menghormati dan tidak mengadili. Tidak ada tindakan yang merendahkan, mencibir atau hal lain yang membuat sakit hati dan sebagainya.
    Penerapan dalam tingkah laku sehari-hari, yaitu mengakui adanya persamaaan derajat dan martabat dengan saling tolong menolong dan ber empati satu sama lainnya. Kita harus menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain.

    ReplyDelete
  8. Nama : awang sb
    Nim : 2110206021
    Lokal : 2a
    Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam

    1. jelaskan manfaat mempelajari hakikat manusia!

    Jawaban 👇

    Manfaat mempelajari hakikat manusia yaitu:

    a) Memahami bahwa
    menurut Al-Qur'an manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yangmempunyai keistimewaan,yakni dihadiahi akal dan pikiran.
    b) Melalui akal dan pikiran manusia diberi kesempatan untuk mengolah dan memanfaatkanalam semesta beserta isinya semaksimal mungkin.
    c) Akal dan pikiran akan memproses bagaimana kita bisa mengembangjan segenap potensi yangada dalam diri manusia sebagai seorang insan.

    2. Kemukakan perbedaan yang mendasar antara pandangan hakikat manusia menurut pakardunia barat dibandingkan dengan pandangan Islam!

    Jawaban 👇

    perbedaan yang mendasar terhadap konsep hakikat manusia menurut pandangan dunia baratdibandingkan islam yaitu dapat ditemukan pada hakikat penciptaan manusia.Dalam islam manusia diciptakan oleh Allah swt melalui beragam proses,mulai dari saripati tanah, menjadi butjuh, alaqah dan kemudian diupkan ruh. Berbeda dengan pandangan dunia barat yang mana teori Darwin menyebutkan bahwa manusia itu kemungkinan besar terciptamelalui proses evolusi yang panjang dari seekor monyet.

    3. kemukakan siapa yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi hakikat-hakikat manusia untuk menjadi manusia seutuhnya.

    Jawaban 👇

    Tanggung jawab itu sendiri meliputi:diri manusia itu sendiri, orang tua, para pendidik dan masyarakat.

    4. Jelaskan contoh dari perbuatan yang memanusiakan manusia,dan penerapannya dalam tingkah laku sehari-hari.

    Jawaban 👇
    contoh dari perbuatan yang memanusiakan ialah dapat kita lihat sebagai berikut :Sesama manusia harus saling menghargai, menghormati dan tidak mengadili. Tidak ada tindakan yang merendahkan, mencibir atau hal lain yang membuat sakit hati dan sebagainya.
    Penerapan dalam tingkah laku sehari-hari, yaitu mengakui adanya persamaaan derajat dan martabat dengan saling tolong menolong dan ber empati satu sama lainnya. Kita harus menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain.

    ReplyDelete
  9. Nama :Uswatun hasanah
    Nim :2110206027
    Kelas :2B ,MPI

    1.Jelaskan manfaat mempelajari hakikat manusia?
    -untuk menyadarkan manusia agar manusia mampu mengenal, melihat dan memahami realitas kehidupan yang ada di sekelilingnya. Manusia perlu mendidik diri karena manusia sebagai mahkluk yang disebut Animal Educable.

    2. Kemukakan perbedaan yang mendasar antara pandangan hakikat manusia menurut pakar dunia dibandingkan dengan pandangan islam
    -menurut pandangan islam, Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk tumbuh berkembang menuju kepada kesempurnaan.
    -menurut pakar dunia,Hakikat manusia adalah makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.

    3. Kemukakan siapa yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi hakikat" manusia untuk menjadi manusia seutuhnya
    -meliputi:diri manusia itu sendiri, orang tua, para pendidik dan masyarakat.

    4. Jelaskan contoh dari perbuatan yang memanusiakan manusia,dan penerapannya dalam tingkah laku sehari-hari
    -contoh dari perbuatan yang memanusiakan ialah dapat kita lihat sebagai berikut :Sesama manusia harus saling menghargai, menghormati dan tidak mengadili. Tidak ada tindakan yang merendahkan, mencibir atau hal lain yang membuat sakit hati dan sebagainya.
    Penerapan dalam tingkah laku sehari-hari, yaitu mengakui adanya persamaaan derajat dan martabat dengan saling tolong menolong dan ber empati satu sama lainnya. Kita harus menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain.

    ReplyDelete
  10. Nama :SIL SEPTIANI UTAMA
    Nim :2110206056
    Kelas :MPI 2A

    1.Jelaskan manfaat belajar hakikat manusia?
    ✓untuk menyadarkan manusia agar manusia mampu mengenal, melihat dan memahami realitas kehidupan yang di sekelilingnya. Manusia perlu mendidik diri karena manusia sebagai mahkluk yang disebut Animal Educable.

    2. Kemukakan perbedaan yang mendasar antara pandangan hakikat manusia menurut pakar dunia dibandingkan dengan pandangan islam
    ✓menurut pandangan islam, Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk berkembang menuju kesempurnaan.
    ✓menurut pakar dunia,Hakikat manusia adalah makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.

    3. Kemukakan siapa yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi hakikat" manusia untuk menjadi manusia seutuhnya
    ✓meliputi:diri manusia itu sendiri, orang tua, para pendidik dan masyarakat.

    4. Jelaskan dari perbuatan yang memanusiakan manusia, dan penerapannya dalam tingkah laku sehari- hari
    ✓contoh dari perbuatan yang memanusiakan dapat kita lihat sebagai berikut :Sesama manusia harus saling menghargai, menghormati dan tidak mengadili. Tidak ada tindakan yang memaksakan, mencibir atau hal lain yang membuat sakit hati dan sebagainya.
    Penerapan dalam tingkah laku sehari-hari, yaitu mengakui adanya persamaaan derajat dan martabat dengan saling tolong menolong dan ber empati satu sama lainnya. Kita harus menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain.

    ReplyDelete
  11. Nama : Tomi Juanda Saputra
    Nim : 2110206036
    Kls : 2C MPI

    1.Jelaskan manfaat belajar hakikat manusia!
    ️ Manfaat mempelajari hakikat manusia adalah agar kita dapat melakukan peran kita sebagai makhluk ciptaan Allah yang maha esa yang paling sempurna. dalam mempelajari hakikat manusia kita mendapatkan banyak hal dan pengalaman serta mengenai diri kita sendiri yaitu Manusia

    2. Kemukakan perbedaan yang mendasar antara pandangan hakikat manusia pakar dunia barat dibandingkan dengan pandangan Islam!
    ️ Menurut pandangan dunia barat
    1).manusia merupakan suatu sistem yang terintegrasi dan berdasarkan dua impuls, yakni menanamkan untuk bertahan hidup dan merasakan kenikmatan.
    2).manusia menggunakan tiga struktur kepribadian dalam dirinya, yakni id, ego, dan superego.

    ️Hakekat manusia dalam konsep Islam adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, memiliki berbagai potensi untuk berkembang menuju kesempurnaan.

    3. Kemukakan siapa yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dimensi-dimensi Hakikat manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya!
    ️ Yang bertanggung jawab adalah diri manusia itu sendiri, orang tua, para pendidik dan masyarakat.

    ReplyDelete

Post a Comment

BELAJAR (ILMU) PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

OTONOMI DAERAH